Semangat Belajar Siswa Menurun? Begini Cara Memotivasinya

Semangat Belajar Siswa Menurun? Begini Cara Memotivasinya


Mungkin selaku guru anda pernah bertanya, kenapa semangat belajar siswa menurun? Salah satu jawabannya adalah suasana belajar yang monotonlah yang bisa membuat menurunnya semangat para siswa dalam belajar. Hal tersebut akan lebih buruk dari yang dibayangkan jika siswa tidak diajak aktif dan berpartisipasi dalam proses belajar mengajar. Kiat untuk mengatasi hal tersebut adalah pendidik perlu menyiapkan berbagai macam cara supaya siswa tidak kehilangan semangatnya dalam belajar. Ada beberapa cara untuk melakukannya.

1. Siswa harus tahu Manfaat dan Tujuan Pembelajaran.
Selaku seorang pendidik, haruslah menyampaikan kepada para siswa tentang apa manfaat dan tujuan pembelajaran yang sedang dilakukan, karena siswa memerlukan pemahaman terhadap manfaat dan tujuan pembelajaran itu. Jadi, pendidik harus menjelaskan alasannya kepada siswa. Mengapa siswa perlu dan harus belajar materi ini dan apa manfaat yang akan didapat dalam kehidupan yang dijalani sehari-hari. Sebagai contoh, agar siswa bisa memahami cara menghitung luas bidang tanah. Jika siswa tidak memahami cara menghitung luas bangun sendirinya, nantinya bisa-bisa mereka akan ditipu atau dibohongi oleh makelar tanah. Atau sebagai contoh lain ketika siswa belajar tentang uang, jelaskan kepada siswa-siswa tersebut bahwasanya pembelajaran tentang uang akan sangat berguna ketika nantinya siswa melakukan aktivitas berbelanja.

2. Variasikan Kegiatan Pembelajaran
Seorang guru haruslah memikirlah variasai pembelajaran setiap kali ia hendak belajar. Misalnya dengan menggunakan cara bermain peran, melakukan diskusi, kerja kelompok, demonstrasi atau presentasi, ataupun dengan melakukan experiment (penelitian).
Selain itu, setiap mode pembelajaran yang dipilih juga harus diisi dengan kegiatan-kegiatan yang kreatif serta menarik.

3. Suasana Pembelajaran Santai dan Menyenangkan
Dalam pembelajaran, salah satu hal yang sangat penting yang sering dilengahkan oleh kalangan pendidik adalah menciptakan suasana belajara yang santai serta menyenangkan. Dalam suasana tersebut siswa juga tetam harus mampu focus dalam mengikuti proses pembelajaran. Agar hal ini bisa tercapai, pendidik harus tampil dengan keadaan prima dan bergairah unruk mengajar. Dan guru atau pendidik harus datang lebih awal minimal sekita 30 menit sebelum PBm (Proses Belajar Mengajar) dimulai. Sehingga kesannya guru tidak terlihat mengantuk ataupun tergesa-gesa. Selain itu, sebelum pembelajaran yang akan dibahas tersebut masuk pada materi, guru harus sudah menyiapkan aktivitas pertama yang menyenangkan, seperti bernyanyi, mendongeng, member motivasi, atau bercanda ringan, bisa juga melakukan aktivitas game berupa puzzle atau aktivitas-aktivitas menarik lainnya yang memang mudah dilakukan sebelum pembelajaran dimulai. Itu semua agara peserta didik atau siswa tidak merasa mengantuk saat mengikuti pembelajaran serta menambah semangat dan gairah mereka dalam mengikuti pembelajaran.

4. Memberi Apresiasi/Penghargaan
Bagi siswa atau peserta didik, sangatlah membutuhkan penghargaan dibandingkan dengan kritikan. Apalagi anak-anak usia dini atau yang masih jenjang sekolah menengah pertama. Jadi, jika para siswa tersebut melakukan sesuatu yang baik dan bernilai positif serta member manfaat bagi diriya ataupun orang lain, berikanlah apresiasi/ penghargaan. Dengan memuji saja sudah merupakan penghargaan yang luar biasa bagi mereka serta semangat mereka dalam mengikuti pembelajaran akan bertambah.

5. Menyampaikan Kriteria Penilaian
Dalam kegiatan seperti Ulangan harian, hand-out atau latihan soal, para siswa pastinya akan mendapatkan nilai dari apa yang ia kerjakan tersebut sesuai dengan kemampuannya dalam mengerjakan. Tetapi, ada fasenya ada aktivitas yang memerlukan kriteri penilaian. Akibat atau hasil yang bisa didapat jika pendidik menyampaikan karakteristik atau kriteria penilain kepada para siswa, maka mereka akan semakin bersemangat dalam mencapai nilai yang terbaik dari yang lainnya berdasarkan criteria yang telah ditentukan atau diberitahukan.

6. Mengomentari dengan Kalimat Positif
Seorang guru yang berperan sebagai pendidik, memang perlu sesekali menambahkan komentar atau berupa masukan yang membangun dan member motivasi pada pekerjaan siswa. Supaya semangat mereka dalam belajar semakin bertambah dengan adanya masukan yang menandakan perhatian seorang pendidik.

7. Menciptakan Suasana Yang Kompetitif
Disaat sedang berlangsungnya proses pembelajaran, ada kalanya pendidik mesti bisa menciptakan suasana yang konpetitif. Suasana konpetitif ini akan lebih baik jika dilakukan dalam kegiatan pembelajaran berkelompok. Hal tersebut karena jika diterpkan dalam pembelajaran incividu, siswa yang memiliki sedikit kekurangan dalam kemampuannya untuk memahami pelajaran akan menjadi minder alias tidak percaya diri.

Pada hakikatnya, untuk mencapai suasana belajar yang menyenangkan diawali dengan kesiapan mental bagi guru selaku pendidik dalam mengajar serta persiapan dalam memahami materi dengan baik.

Semoga bermanfaat!

Baca Juga :

0 Response to "Semangat Belajar Siswa Menurun? Begini Cara Memotivasinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel