Ini Dia 5 Tips Mengelola Waktu yang Mampu Merubah Hidup Anda

Ini Dia 5 Tips Mengelola Waktu yang Mampu Merubah Hidup Anda


Setiap orang pasti ingin berubah menuju perubahan nyata yang lebih baik dalam hidupnya, termasuk anda yang membaca artikel ini pasti ingin sekali bisa berubah agar lebih baik dari sebelumnya. Jika begitu hal yang paling utama yang harus anda lakukan adalah memulai dengan belajar bagaimana secara efisien mungkin memenej waktu anda. Karena siapun yang tahu bagaimana memenej waktu dan mampu melakukannya, secara otomatis dia juga akan tahu bagaimana memenej atau mengelola hidup. Manajemen waktu yang baik adalah tentang prioritas yang sesuai, jika sudah demikian barulah tercipta manajemen yang tepat untuk hidup anda. Manajemen waktu yang cerdas yang anda lakukan akan menentukan kualitas hidup anda dan bukan dikarenakan oleh banyaknya energi yang anda konsumsi terhadap apa yang anda lakukan.

1. Membuat to-do list
Anda harus mendata dan mencakupi tugas-tugas tertentu yang harus anda kerjakan dalam waktu jangka pendek termasuk kegiatan-kegiatan anda saat ini, kerena dengan demikian akan menjadi to-do-lists yang baik dan juga efesien. Terhadap tugas yang berulang dapa direncanakan untuk hari lain saat anda punya waktu yang sangat tepat untuk menyelesaikannya.
Anda tidak boleh sesekali pun menganggap remeh terhadap pentingya perencanaan tugas-tugas anda tersebut. Sebuah rencana yang baik dan akurat dapat memberikan anda kontrol yang besar dari waktu anda. Anda harus menyadari apa yang terpenting bagi anda dan menempatkannya pada urutan atas di daftar anda.

2. Buatlah Rencana SMART (Specific-Measureable-Achievable-Reasonable-Timeline)
Rencanakanlah tugas yang  menurut anda paling sulit disetiap awal minggu sehingga anda akan lebih santai ketika menjelang akhir minggu ataupun sebelum memasuki akhir pekan. Tugas yang sulit memang lebih baik dijadwalkan di awal minggu pada hari Senin atau Selasa, dan dipertengahan minggu untuk tugas-tugas yang lebih mekanis atau lebih anda lakukan, dan anda bisa sedikit lebih bebas dan santai ketika mendekati akhir minggu dikarenakan pekerjaan atau tugas-tugas berat telah anda selesaikan sebelumnya.

3. Aturlah Yang Prioritas
Anda harus belajar bagaimana cara mengatur prioritas-prioritas anda seefesien mungkin. Tugas yang paling penting untuk anda lakukan harus berada di peringkat lebih tinggi dalam daftar tugas harian anda. Cobalah untuk menerapkan prinsip Pareto di mana 80 % dari prestasi anda dihasilkan dengan melakukan 20 % usaha anda. Dengan kata lain, cobalah untuk bekerja cerdas dan sederhana. Jangan sekali-kali anda mengabaikan tugas-tugas penting anda untuk mencapai hasil yang tidak signifikan.

4. Tak Perlu Takut Katakan “Tidak”
Anda juga harus belajar untuk sekali-sekali mengatakan TIDAK dan tidak menerima tugas-tugas yang tidak dapat anda lakukan. Jika anda merasa stres dan kehabisan waktu,kehabisan waktu, maka lebih baik untuk menolak undangan pergi makan siang atau makan malam keluarga. Anda harus menyadari bahwa anda tidak dalam kewajiban untuk mempersingkat segalanya dalam sekejap. Anda harus belajar untuk memilih tugas yang anda benar-benar ingin lakukan atau yang perlu diselesaikan.

5. Konsisten
Semua kesuksesan tak terlepas dari yang namanya konsisten. Begitupun dalam pengelolaan waktu. Anda harus konsisten terhadap apa yang telah anda kerjakan, dijamin anda akan memperoleh hasil yang tidak akan mengecewakan.

0 Response to "Ini Dia 5 Tips Mengelola Waktu yang Mampu Merubah Hidup Anda"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel