Ternyata Ini 5 Penyebab Mahasiswa Sering Tidak Kuliah

Ternyata Ini 5 Penyebab Mahasiswa Sering Tidak Kuliah


Setelah lulus dari SMA (Sekolah Menengah Atas) atau sederajat, setiap siswa pasti sudah menentukan jalannya masing-masing dalam melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi ke sebuah universitas atau perguruan tinggi atau memili langsung bekerja pada pekerjaan terntentu karena rekomendasi. Itu semua tergantung apa yang dicita-citakan oleh masing-masing siswa tersebut, kebanyakan pastilah memilih kuliah ke universitas atau perguruan tinggi. Dalam memilih perguruan tinggi pun mereka punya alasan yang beragam ada yang karena ikut-ikutan teman, ada yang karena paksaan orang tua, ada juga karena yang merasa bangga kuliah pada universitas tertentu dan ada juga yang memang karena keinginan atau minat sendiri.

Dimanapun mereka kuliah dan apapun itu perguruan tinggi yang dipilih, ketika telah menjalani proses kuliah ternyata tidak seperti yang kebanyakan orang bayangkan bahwa mereka akan kuliah dengan rajin dan atau tidak bolos. Tidak sedikit Yang sering bolos kuliah padahal memang sebelumnya tujuan utamanya adalah kuliah. Tentu saja semua itu tak terlepas dari sebab yang mempengaruhi terjadinya hal tersebut, banyak aspek-aspek tertentu yang kadang memang tak bisa dielakkan dari semestinya.

Diantara aspek-aspek tersebut pada artikel kali ini wahana akan menyebutkan 5 aspek diantara adalah :

1. Rasa Malas
Salah satu penyebab pertama yang sering sekali melanda kaum mahasiswa sehingga sering tidak kuliah adalah rasa malas yang dimiliknya. Betul, setiap orang tentunya memang memiliki rasa malas namun beberapa dari mereka mampu mengatasi rasa malas tersebut, mengurangi bahkan menghilangkannya. Rasa malas tersebut terjadi karena kurangnya minat dalam melakukan sesuatu seperti salah satu kasus yang kita bahas yaitu malas kuliah. Rasa malas juga bisa disebab karena kurangnya motivasi dalam hal itu sehingga kurangnya semangat atau bahkan tdak bersemangat untuk mengerjakannya. Seperti halnya kuliah. Nah, jika anda punya teman yang tidak kuliah dikarenakan malas tidak ada salahnya untuk memberi motivasi sehingga rasa malas tersebut berkurang.

2. Merasa Bosan
Bosan adalah hal yang biasa dialami dan memang juga dimiliki dalam sifat manusia. Tidak ubahnya dengan mahasiswa. Rasa bosan acap kali membuat mahasiswa tersebut enggan mengikuti perkuliahan. Berbicara tentang rasa bosan juga tak terlepas dari aspek penyebabnya. Diantara penyebab rsa bosan itu timbul adalah kemungkinan karena dosen yang mengampu mata kuliah tertentu kurang menarik, atau terlalu monoton dalam sistem perkuliahan, bisa jadi juga dosen yang terlalu fokus dalam menjalankan sistem kuliah tanpa menyelingi humor sedikitpun.

3. Bekerja
Di dunia yang dihidupi miliyaran manusia, tidak semua memiliki kemampuan ekonomi yang memadai. Atau bisa dikatan bahwa pendapatang masing-masing orang tentu berbeda. Pun demikian dengan mahasiswa. Tidak semua mahasiswa itu berasalh dari keluarga yang berkemampuan diatas rata-rata. Tidak sedikit diantara mahasiswa itu hanya berasalah dari keluarga yang kemampuan ekonominya dibawah rata-rata. Itulah sebabnya banyak orang yang tak mampu mengecap pendidikan lebih tinggi. Namun bagi mereka yang memiliki impian dan cita-cita tinggi tidak menjadikan hal itu halangan. Bagi mahasiswa yang demikian tentulah mereka harus bekerja untuk bisa mendapatkan uang agar memadai kebutuhan hidupnya dan juga untuk bisa kuliah. Apalagi mahasiswa perantau. Yang namanya kuliah pasti butuh biaya minimal katakan saja untuk print tugas dan sebagainya. Jadi jika mereka tidak bekerja artinya mereka juga tidak bisa kuliah sehingga kadang hari kuliah mereka pakai untuk bekerja agar bisa kuliah di hari selanjutnya.

4. Aktif di Organisasi
Organisasi adalh salah satu arena atau wadah untuk melatih diri dalam membentuk mental yang kuat.


Sebagai mahasiswa tentunya tidak sedikit yng ingin terjun ke organisasi atau bisa dikatakan berkeinginan menjadi aktivis. Di dunia kampus sangat banyak organisasi-organisasi mahasiswa yangbisa diikuti baik organisasi yang bersifat extrakurikuler ataupun intrakurikuler. Intra misalnya seperti BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa). Extra misalnya organisasi-organisasi terkenal seperti HMI, IMM, dan lain sebaginya. Organisasi yang sering menyebabkan mahasiswa tidak kuliah memang biasanya adalah organisasi extra atau organisasi yang bersifat diluar kampus. Katakanlah seperti HMI, tentunya organisasi tersebut memiliki aktivitas-aktivitas yang kadang berbentrokan dengan jadwal kuliah seperti acara perkaderan, pelatihan-pelatihan tertantu dan sebagainya. Nah, hal itulah yang menyebabkan mahasiswa tidak kuliah.

5. Tidak Berminat
Yang terakhir adalah karena memang tidak adanya minat yang mendorong mahasiswa itu untuk kuliah, sehingga wajar saja dia bermalas-malasan atau sering tidak kuliah.

0 Response to "Ternyata Ini 5 Penyebab Mahasiswa Sering Tidak Kuliah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel